Rabu, 24 Juni 2009

Rusa Sembilan Warna


Cerita pendek Rusa Sembilan Warna

Pada zaman dahulu kala, di pinggir sungai Heng tinggal seekor Rusa yang lain dari yang lain, bulu ditubuhnya memiliki 9 warna. Pada suatu hari, di atas sungai itu tiba-tiba terdengar suara teriakan “Tolong!tolong!”, ternyata seseorang jatuh ke dalam sungai. Rusa 9 warna mendengar teriakan orang itu, lalu tanpa memikirkan keselamatan sendiri, Rusa itu meloncat ke sungai, berenang ke samping orang itu untuk menolongnya. Rusa 9 warna berkata pada orang itu: “Cepat naik ke atas punggung dan pegang erat tandukku”.
Demikian Rusa 9 warna menyelamatkan orang itu. Orang itu terus berkata pada Rusa 9 warna, “Terimakasih telah menyelamatkan saya, bagaimana saya harus membalas budimu ini?” Rusa 9 warna menggeleng-gelengkan kepala dan dengan lirih berkata, “Saya menolongmu, bukan ingin mendapat imbalan, asalkan kamu tidak menceritakan tentang peristiwa ini kepada orang lain, itu sudah cukup bagiku. Setelah itu, Rusa 9 warna membiarkan orang itu pergi.
Beberapa hari kemudian, Raja megumumkan pemberitahuan kepada seluruh rakyat di negerinya, “Bagi siapa yang dapat membantu raja menangkap Rusa 9 warna, akan diberikan hadiah!”
Setelah kembali ke kota, orang itu mengetahui raja sedang menawarkan hadiah besar bagi orang yang dapat menangkap Rusa 9 warna. Namun, tidak ada seorangpun yang pernah bertemu dengan Rusa 9 warna, apalagi mengetahui dimana keberadaan Rusa 9 warna itu. Dalam benak orang itu berpikir, “Kesempatan saya untuk menjadi kaya akhirnya datang juga.”
Lalu, orang itu datang menemui raja, meminta raja membawa serta prajurit untuk ikut bersama dengannya menangkap Rusa 9 warna itu. Pada saat itu, Rusa 9 warna sedang tidur nyenyak di pinggir sungai, burung kecil yang telah mengetahui hal itu segera memberi kabar, “Celaka, celaka, raja membawa prajuritnya datang menangkapmu, cepat tinggalkan tempat ini!saya tidak akan kabur.” Namun Rusa itu ingin mengatakan sesuatu kepada raja. Rusa 9 warna bertanya, “Baginda, siapakah yang memberitahu anda, saya berada disini?” Raja menunjuk orang itu, dan mengatakan: Dia. Rusa 9 warna menatapi orang itu, dan dengan menitikkan air mata berkata, “Saya tidak mempedulikan segala resiko untuk menyelamatkanmu dari dalam sungai, tetapi, kamu malah membawa orang datang menangkapku.”
Mengetahui keadaan demikian, lantas raja memerintahkan prajuritnya supaya jangan memanah Rusa 9 warna, bahkan mulai hari ini melarang siapapun menangkap Rusa 9 warna. Begitu mendengar raja berkata demikian, saking panik dan gugupnya orang itu mundur ke belakang, sehingga terpeleset dan akhirnya mati tenggelam jatuh ke dalam sungai.
Tanpa peduli dengan segala resiko dan keselamatan diri sendiri, Rusa 9 warna menolong orang, namun, orang yang telah ditolong oleh Rusa 9 warna itu mengingkari janjinya, demi untuk mendapatkan hadiah uang lalu mengkhianati Rusa 9 warna yang telah berbudi terhadap dirinya. Karena dia telah berbuat jahat, akhirnya mendapat balasan mati tenggelam ke dalam sungai
Anak-anak, kalian jangan meniru orang jahat yang tidak bisa dipercaya dan lupa balas budi, ya. Kalian harus meneladani keberanian dan kebaikan Rusa 9 warna, juga paman bibi dan kakak-kakak di sekitar kalian yang menempa diri dalam sejati, baik, sabar, jadilah orang yang lebih baik yang selalu memikirkan orang lain. Anak-anak, jika kalian benar-benar bisa berbuat jujur, baik, toleransi dan menjalin tali kasih persaudaraan, maka guru maupun orang tua kalian pasti akan sangat gembira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar